Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Membuat Surat lamaran kerja memang merupakan point penting pembuka yang bisa
menentukan apakah anda dapat diterima ataupun ditolak oleh sebuah perusahaan.
Kesalahan fatal dapat membuat surat lamaran kerja kamu langsung masuk tong
sampah. Pada dasarnya hal ini bisa dibilang mudah terlihat tapi pada pelaksanaannya
susah banget . Untuk sejumlah orang membuat surat menyurat adalah hal yang
sangat mudah bila anda sudah terbiasa. Tetapi kebalikannya buat anda yang
jarang ataupun tidak pernah membuat surat, hal ini cukup menyiksa yang dapat
membuat kamu tidak bisa tidur. Pada
kesempatan ini kami akan mencoba membantu anda untuk tidak terbiasa membuat
surat tetapi anda dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.
Dan inilah beberapa point penting dalam membuat Surat Lamaran Kerja :
- Untuk
anda yang melamar pada perusahaan BUMN ada baiknya anda menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang
Disempurnakan. Anda hanya perlu menggunakan bahasa yang baik tetapi jelas.
Hal ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kepribadian anda. Dengan
menggunakan tata bahasa yang baik dan santun merupakan sebuah nilai tambah
tentunya untuk anda.
- Hal
yang perlu kamu coba ! Untuk sekarang ini memang banyak sekali lowongan
pekerjaan yang apabila kita ingin melamar, surat lamaran dan CV dikirimkan
ke email. Akan tetapi apabila yang dituju berupa alamat, Cobalah membuat
surat dengan menggunakan tulisan tangan anda sendiri. Jangan di ketik
ataupun di print. Kembali lagi hal ini akan menjadi sebuah nilai tambah
untuk kamu !
- Buat Surat lamaran pekerjaan yang anda mau sesuai dengan kebenaran yang pernah / sedang anda alami. Jangan melebih - lebihkan dengan maksud show off dan berharap terpilih untuk mengikuti Wawancara kerja / interview. Biasakan jujur apa adanya sob !
Demikian 3 point penting Cara membuat Surat Lamaran kerja yang harus anda
perhatikan! Selain 3 hal penting tersebut, memang masih banyak beberapa cara
membuat surat lamaran kerja seperti, kelengkapan surat, dan lain sebagainya. Serta berikut
Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja nya sob…..
Cara Menyusun CV dan Surat
Lamaran Kerja
Didalam
melamar pekerjaan, tentunya Curriculum Vitae (CV) menjadi
salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Walaupun hanya berupa secarik
kertas, namun CV sangat menentukan dan menjadi pertimbangan perusahaan untuk
menerima kita bekerja di sana. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat CV yang
bisa "menjual" Anda di depan para penyeleksi dari perusahaan tempat
Anda melamar.
Berikut Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja yang memiliki nilai jual :
1.
Gunakan kertas putih bersih dan polos
Untuk
menulis CV, seharusnya kita menggunakan kertas yang bersih sehingga dapat
membuat penyeleksi mudah dan nyaman dalam membaca. Selain itu, jangan
tambahankan background image karena akan terkesan kurang formal.
2.
Jenis huruf standar
CV
harus ditulis dalam bentuk surat resmi untuk membangun suasana formal. Untuk itu, gunakanlah huruf
yang biasanya sering digunakan dalam surat resmi, seperti arial atau times new
roman. Dengan begitu perusahaan bisa melihat keseriusan dan rasa hormat Anda
terhadap perusahaan tersebut.
3.
Tata bahasa, tanda baca dan ejaan
Sama
halnya dengan surat lamaran, CV juga harus ditulis dengan tata bahasa yang
benar. Hal itu bertujuan agar penyeleksi dapat dengan mudah membaca dan
mencerna maksud Anda. Selain itu, penggunaan tanda baca dan ejaan juga penting.
Anda harus memperhatikan di mana Anda harus menggunakan tanda koma atau titik pada tata bahasanya.
4.
Penampilan yang rapi dan indah
Untuk
membuat CV yang terlihat rapi, Anda dapat menyusun susunan baris, kolom atau
tabel sebaik mungkin. Kerapian ini dapat memberi kesan kepada penyeleksi bahwa
Anda adalah orang yang teratur, rapi dan mampu bekerja sama dengan orang lain.
Sedangkan keindahan mencerminkan Anda sosok yang kreatif, kaya akan ide, dan
memiliki kepekaan sosial.
5.
Eksplisit
Anda
harus menulis setiap informasi dalam CV secara jelas dan detail, agar penyeleksi
dapat mengerti maksud dan tujuan Anda.
6.
Isi singkat dan padat
Tim
penyeleksi tidak akan memiliki banyak waktu untuk membaca CV Anda. Oleh karena
itu, buatlah CV yang singkat namun dapat menarik perhatian dalam waktu beberapa
detik saja.
7.Tulislah
CV dengn jujur
Di
dalam CV, jangan melebih-lebihkan potensi atau merendahkan prestasi Anda.
Tulislah CV sesuai dengan keadaan yang ada, karena perusahaan akan lebih
menghargai kejujuran Anda.
8.
Sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan
Setiap
perusahaan memiliki kualifikasi dan spesifikasi tersendiri.
Karenanya, Anda harus membuat CV yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan
perusahaan.
9.
Rekomendasi
Terkadang
penyeleksi akan menghubungi orang-orang terdekat Anda untuk menanyakan hal-hal
penting mengenai Anda. Jadi, sebaiknya Anda memilih dan mencantumkan orang yang
tepat sehingga dapat memberikan informasi positif tentang diri Anda.
10.
Konsistensi karier
Konsistensi
karier menjadi salah satu kunci penting untuk Anda dapat diterima bekerja. Jika
Anda memiliki hal ini, maka Anda akan dianggap sebagai orang yang memiliki
kemampuan dan kemahiran di bidang tertentu.
Semoga informasi dan tips Cara Membuat dan Menyusun Surat Lamaran Kerja ini dapat bermanfaat, Jadi persiapkan diri anda untuk menjadi yang terpilih dan semoga berhasil....