Setiap
pekerja tentunya menginginkan perkembangan karir yang lebih baik lagi kedapannya. Namun, banyak
karyawan yang merasa kecewa karena promosi jabatan tak kunjung mereka dapatkan.
Memang untuk bisa membuat karir menjadi lebih berkembang itu tidak dapat
dicapai dengan mudah tanpa adanya upaya untuk terus maju. Untuk mengatasi itu
semua, coba lakukan lima aturan ini yang bisa membantu membuat karir Anda
berkembang, seperti dikutip dari Forbes.
1. Semangat untuk Maju
Jika Anda mulai putus asa dengan apa yang dikerjakan sekarang, berusahalah
untuk menghidupkan kembali semangat dan keinginan Anda untuk maju. Semakin
besar semangat yang dimiliki, maka semakin kreatif pula Anda dalam menghadapi
segala tantangan, maupun halangan dalam karir.
Banyak Membaca, Banyak Tahu. Pernyataan tersebut memang benar. Bila Anda banyak
membaca koran, artikel di internet, maupun majalah, maka Anda akan memiliki
pengetahuan, serta wawasan yang luas. Sediakanlah waktu, sekurang-kurangnya
setengah jam untuk membaca. Ini bisa menjadi salah satu cara atau fakor yang
mendukung untuk perkembangan karir Anda.
3. Bersyukur
Tak sedikit orang yang sering mengintimidasi diri mereka sendiri dengan
membanding-bandingkan apa yang dimiliki dengan orang lain. Padahal, ini hanya
akan membuat mereka drop. Akan lebih baik bila Anda terus bersyukur, dan bisa
memulai sesuatu yang positif pada karir selanjutnya. Bersemangatlah dan yakin
bahwa Anda bisa maju.
Ketika Anda berniat untuk membantu dan berbuat baik pada orang lain, lakukanlah
dengan tulus. Jangan sampai Anda menolong orang lain hanya karena meminta
imbalan. Ketulusan akan dinilai plus oleh atasan di kantor. Ini juga bisa
menjadi salah satu cara untuk Anda bisa mendapatkan promosi jabatan.
5. Minta Saran
Jangan hanya merasa selalu benar. Ada kalanya juga Anda harus mengakui
kesalahan dan meminta saran pada orang lain agar bisa memperbaiki kekuranganatau kesalahan yang pernah dilakukan. Ini akan membuat Anda menjadi pribadi
yang lebih baik.
5. Jangan Menginterupsi
Saat pihak perusahaan sedang menjelaskan berapa gaji yang ditawarkan, jangan
pernah memotong pembicaraan tersebut sebelum ia benar-benar berhenti bicara.
Hal ini untuk menunjukkan respek terhadap pekerjaan dan perusahaan yang
dilamar. Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk berganti bicara dalam
memperkuat posisi tawar Anda.
6. Berikan Waktu Perusahaan untuk Berpikir
Ada perusahaan yang memang butuh waktu untuk berpikir, saat Anda juga sudah
berada dalam salah satu kandidat yang kuat. Berikanlah respek terhadap situasi
ini. Sebab, pihak yang mewawancarai Anda juga butuh masukan lebih luas dari
atasan-atasan di perusahaan tersebut.
7. Jika Gagal, Jangan Tunjukkan Rasa Kecewa
Apabila negosiasi gaji gagal, jangan menunjukkan rasa kecewa anda. Anda bisa mengajukan
negosiasi selanjutnya dengan besaran gaji yang dikurangi sedikit dari
sebelumnya yang Anda minta.
Semoga tips ini dapat bermanfaat dan semoga berhasil...