Kementerian Negara Perencanaan
Pembangunan Nasional/BAPPENAS (Kemenneg
PPN) sebelumnya bernama “Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan”, adalah
kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perencanaan
pembangunan nasional. Kemeneg PPN dalam melaksanakan tugasnya menggunakan
unit organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Meneg PPN
juga sekaligus menjadi Kepala Bappenas. Tugas Pokok dan Fungsi Bappenas
diuraikan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 4 dan Nomor 5 Tahun 2002
tentang Organisasi dan tata kerja Kantor Menteri Negara Perencanaan Pembangunan
Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, tugas pokok dan fungsi
tersebut tercermin dalam struktur organisasi, proses pelaksanaan perencanaan
pembangunan nasional, serta komposisi sumber daya manusia dan latar belakang pendidikannya.
Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bappenas dibantu oleh Sekretariat Utama,
Staf Ahli dan Inspektorat Utama, serta 7 deputi yang masing-masing
membidangi bidang-bidang tertentu. Saat ini Kementerian Perencanaan
Pembangunan Negara membuka lowongan kerja staf kementrian bappenas terbaru 2020 , Adapun
detail lowongan kerja di Kementerian Perencanaan Pembangunan
Negara yang bisa dilamar oleh mereka yang tertarik ingin bergabung dengan persyaratan dan posisi
sebagai berikut :
Sekertaris
A. Ruang Lingkup Pekerjaan:
1. Membantu
Mengelola surat masuk/keluar kedalam buku agenda
§ Mencatat nomor, tanggal dan perihal surat ke
buku agenda;
§ Memberi nomor urut agenda surat masuk pada
lembar disposisi;
§ Menyampaikan surat yang sudah dilampirkan
lembar disposisi kepada pimpinan untuk diberi disposisi;
§ Mencatat disposisi pimpinan yang terdapat
dalam lembar disposisi ke dalam buku agenda surat masuk;
§ Menyusun surat yang sudah dilampirkan lembar
disposisi oleh pimpinan untuk dapat didistribusikan kepada unit terkait;
§ Menyimpan arsip surat ke dalam
odner.
2. Memeriksa surat/dokumen keluar sebelum
disampaikan kepada pimpinan dan staf
§ Mengoreksi konsep surat/dokumen;
§ Mengecek kelengkapan lampiran berkas
pendukung;
· Membuat
Nota Dinas/Memo;
· Mengolah
data, informasi dan administrasi;
§ Menganalisa data yang akan disajikan;
§ Melakukan query absensi PNS dan Non PNS
terhadap data dan informasi.
3. Mengelola jadwal kegiatan direktorat
§ Menyusun dan mengatur jadwal kegiatan
pimpinan dan staf;
§ Mempersiapkan keperluan kegiatan pimpinan
dan staf (akomodasi,dsb);
§ Mengingatkan jadwal pelaksanaan kegiatan
& penugasan lainnya (rutin dan deadline);
· Melaksanakan tugas kedinasan lain
terkait direktorat yang diperintahkan oleh pimpinan dan staf
direktorat baik lisan maupun tertulis;
· Menerima perintah dari pimpinan dan staf
baik lisan maupun tertulis;
· Melaksanakan tugas yang diinstruksikan/ditugaskan
oleh pimpinan dan staf direktorat baik lisan maupun tertulis;
· Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.
4. Melaksanakan persiapan kegiatan rapat
· Menyiapkan
dokumen rapat;
· Menghubungi/mengkonfirmasi
peserta rapat;
· Mengirimkan
undangan rapat;
· Menyiapkan
peralatan kegiatan rapat (daftar hadir, konsumsi dll);
· Menyiapkan
kebutuhan ATK dan Peralatan Direktorat.
5. Melaksanakan persiapan kegiatan perjalanan dinas
§ Menyiapkan persuratan;
§ Menghubungi/mengkonfirmasi peserta rapat;
§ Mengirimkan undangan rapat;
§ Menyiapkan Hotel, Tiket dan Akomodasi;
§ Menyiapkan peralatan kegiatan rapat (daftar
hadir, konsumsi dll);
§ Menyiapkan kebutuhan ATK dan Peralatan
Direktorat.
B. Kualifikasi (wajib dijelaskan di CV):
1. Pendidikan
minimal D3/D4/S1 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris/Manajemen
atau semua jurusan;
2. Minimal
berpengalaman 1 Tahun dalam bidang yang sama;
3. Mahir dalam menggunakan Ms. Office dan fitur-fitur didalamnya (Word, Excel dan
Power Point);
4. Menguasai berbahasa Inggris;
5. Memiliki inisiatif dan kreativitas;
6. Memiliki softskill penunjang
kinerja seperti berorientasi pada output dan teamwork,
memiliki motivasi, semangat belajar, dapat beradaptasi dengan baik,
mengorganisasi acara/event/kegiatan;
7. Dapat bekerja secara mandiri dan memenuhi target kerja;
8. Berkomitmen untuk menjalankan kontrak kerja full
time minimal 2 tahun.
C. Proses
Seleksi
1. Pelamar wajib memasukkan berkas lamaran sesuai dengan pengumuman;
2. Proses seleksi terdiri dari 2 (dua) tahap:
a. Tahap 1: Seleksi berkas lamaran;
b. Tahap 2: Wawancara User.
3. Pengumuman hasil seleksi merupakan hasil final dari Tim Seleksi dan akan diinformasikan kepada pelamar yang lolos dan tidak lolos melalui email/telepon.
D. Kelengkapan Berkas Lamaran:
1. Surat
lamaran, CV dan contoh (disertai dengan foto dan identitas diri lengkap, serta alamat email dan nomor telepon yang mudah
dihubungi (dijadikan dalam 1 file PDF maksimal 1 MB).
2. Lampiran terdiri
dari Ijazah, Transkrip Nilai Akademik, Surat Keterangan/Referensi Kerja dari tempat sebelumnya, Sertifikat penunjang lainnya, dan slip gaji
terakhir (dijadikan dalam 1 file PDF maksimal 20 MB).
Bagi
anda yang tertarik dan memenuhi kualifikasi dengan Lowongan Kerja Terbaru Staf Kementrian PPN/Bappenas diatas, silahkan segera
kirimkan aplikasi lamaran dan CV serta kelengkapan berkas terbaru
lainnya lengkap melalui alamat berikut :
Berkas lamaran mohon dikirimkan ke email: direktorat.hukumregulasi@bappenas.go.id, paling
lambat hari Jumat 16 Oktober 2020 ditujukan ke Ibu Direktur Hukum dan
Regulasi, Bappenas, dengan subyek email : Lamaran Tenaga Sekretaris 2020.
Catatan :
Hanya
kandidat dengan kualifikasi terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti tahapan
tes berikutnya.
Jadi persiapkan diri anda untuk menjadi yang terpilih dan semoga berhasil...
Lowongan Kerja Terbaru Perusahan BUMN