Lowongan Kerja Terbaru Perusahaan BUMN, Persero, Bank, CPNS

Mendapatkan Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, Namun semua orang pasti membutuhkan pekerjaan agar bsa mendapatkan pemasukan keuangan dan memperoleh kemakmuran financial dirinya. Pekerjaan tersedia diberbagai tempat dengan berbagai bidang, dan para pelamar harus memenuhi setiap kualifikasi syarat pekerjaan yang diminta, salah satunya pendidikan. Banyak perusahaan yang masih membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), melainkan banyak pula perusahaan yang menerima karyawan hanya untuk lulusan Sarjana (S1).

Sulitnya mencari pekerjaan membuat orang-orang melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Karena beberapa perusahaan banyak yang menginginkan calon karyawan yang telah berpengalaman dalam bekerja, bukan anak baru yang ingin bekerja. Sementara saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa banyak frash graduate sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan. Namun hal tersebut bukan karena mereka tidak mencoba untuk melamar pekerjaan, melainkan lebih banyak perusahaan yang mengutamakan frash graduate namun yang telah memiliki pengalaman kerja atau magang. Sebab jika mereka sudah pernah berkecimpung dalam dunia pekerjaan akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan, bebeda dengan yang belum pernah bekerja sama sekali karena tentunya teori dan praktit itu sangatlah berbeda.

Oleh karena itulah terdapat beberapa Tips yang dapat menjadi referensi para fresh graduate untuk bisa mendapatkan pekerjaan. berikut Tipsnya :
  1. Cari dan identifikasilah pekerjaan yang cocok dengan latar belakang pendidikan maupun skill Anda. Hal tersebut dapat dimulai dengan Anda menuliskan pada catatan semua pengalaman yang Anda miliki, mulai dari pengalaman kerja, pengalaman magang, pengalaman part time, dan lain-lain. Jika memang belum memeiliki pengalaman bekerja buatlah daftar kemampuan yang Anda miliki kemudian analisalah pekerjaan apa yang sesuai dengan pengalaman kerja ataupun kemampuan yang Anda miliki. Jangan lupa juga untuk mengkombinasikan dengan bidang lulusan frash graduate Anda. Dengan begitu Anda akan tepat sasaran memilih bidang pekerjaan yang diinginkan dan memudahkan HRD untuk mempertimbangkan lamaran pekerjaan Anda.
  2. Buatlah jaringan dengan orang yang sudah berpengalaman bekerja. Membuat jaringan disini dimaksudkan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya agar bisa mereferensikan diri Anda untuk masuk ke perusahaan sebagai karyawan ataupun magang untuk sekedar mencari pengalaman. Jika memiliki banyak teman yang berkoneksi dengan banyak tempat magang atau perusahaan maka Anda dapat dibantu oleh para senior Anda tersebut untuk mendapatkan pekerjaan. 
  3. Manfaatkanlah jejarng sosial untuk mempromosikan diri Anda. Banyak perusahaan yang mencari karyawannya melalu media sosial, maka jangan kalah pula Anda harus bisa mempromosikan diri Anda sebagai pencari kerja agar perusahaan yang sedang mencari karyawan dapat menghubungi Anda melalui informasi data diri yang telah Anda sertakan.
  4. menggunakan situs online recruitment. Selain menggunakan jejaring sosial Anda juga bisa menggunakan situs pekerjaan online recruitment untuk meletakkan CV Anda dan mengapply secara online ke beberapa perusahaan yang sekiranya cocok dengan bidang Anda. Jika memang cocok maka pihak perusahaan pasti akan segera menghubungi Anda. Jangan lupa untuk membubuhkan data diri Anda secara lengkap dan gunakan foto terbaru agar memudahkan perusahaan melihat CV serta data diri Anda terlebih dahuu sebelum mulai memanggil Anda dalam sesi wawancara.

Keempat cara tersebut dapat diaplikasikan oleh fresh graduate yang sedang membutuhkan pekerjaan. Dari keempat tips tersebut sebaiknya jangan dilupakan pula untuk selalu giat mengakses internet dan membaca berita lowongan pekerjaan. Karena sesungguhnya jika Anda tidak aktif mencari, belum tentu pekerjaan tersebut yang datang menghampiri Anda tanpa usaha Anda terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memastikan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Jangan berusaha untuk mengambil pekerjaan yang bukan bidang Anda sendiri, karena hal tersebut akan menyulitkan diri Anda dan membuat Anda tidak nyaman dengan pekerjaan sebab bukan merupakan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan Anda. Lakukanlah terus selama belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai, jangan mudah putus asa, sebab segala sesuatu itu pasti membutuhkan proses seleksi yang panjang

Semoga tips Mendapatkan Pekerjaan Bagi Fresh Graduante ini bermanfaat, jadi persiapkan diri anda agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil…


Facebook Twitter Google+
 
Back To Top