Kementerian Pekerjaan Umum merupakan lembaga pemerintah Indonesia yang bergerak
dalam bidang struktur dan infrastruktur umum di Indonesia. Dalam menjalankan
tugasnya kementerian ini didukung oleh beberapa kementerian seperti kementerian
Pertanian, Kementerian Perhubungan serta Kementerian Lingkungan hidup yang kaitannya dengan kelestarian
secara umum. Permasalahan utama yang menjadi pekerjaan rumah Kementerian PU
adalah mengatasi kemacetan dan banjir diJakarta, kerusakan tanggul jalan dan
sistem drainase yang buruk menyebabkan Jakarta menjadi langganan banjir setiap
tahunnya. Kementerian Pekerjaan Umum merupakan kementerian dalam
Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pekerjaan umum. Kementerian PU
dipimpin oleh seorang Menteri Pekerjaan Umum. Saat ini Kementerian
Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KEMENPUPERA) membuka lowongan kerja kementrian pekerjaaan umum danperumahan rakyat terbaru 2017, Adapun detail lowongan
kerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
(KEMENPUPERA) yang
bisa dilamar oleh mereka yang tertarik ingin bergabung dengan persyaratan
dan posisi sebagai berikut :
Kriteria :
a.
Kualifikasi Pendidikan dan Jumlah Formasi adalah :
1) S.2 : 26 orang
2) S.1/0.4 : 875 orang
3) D.3 : 99 orang
b. Periode pendaftaran dibuka tanggal 11 September s.d. 25 September 2017 secara
online melalui website:
1) https://sscn.bkn.go.id, untuk mendapatkan akun pendaftaran secara nasional; dan
2) https://cpns.pu.go.id, untuk melakukan pendaftaran Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
e.Formasi jabatan, kualifikasi pendidikan, persyaratan umum, persyaratan khusus, dan keterangan lainnya dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.
d. Seluruh proses seleksi pengadaan CPNS tidak dipungut biaya.
1) S.2 : 26 orang
2) S.1/0.4 : 875 orang
3) D.3 : 99 orang
b. Periode pendaftaran dibuka tanggal 11 September s.d. 25 September 2017 secara
online melalui website:
1) https://sscn.bkn.go.id, untuk mendapatkan akun pendaftaran secara nasional; dan
2) https://cpns.pu.go.id, untuk melakukan pendaftaran Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
e.Formasi jabatan, kualifikasi pendidikan, persyaratan umum, persyaratan khusus, dan keterangan lainnya dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.
d. Seluruh proses seleksi pengadaan CPNS tidak dipungut biaya.
Setiap jabatan akan diisi oleh pelamar yang terbagi dalam beberapa kategori :
- Cumlaude adalah Pelamar lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dari Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi institusi peringkat A dan akreditasi Program Studi peringkat A pada saat lulus berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
- Penyandang Oisabilitas adalah Pelamar dengan disabilitas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tuqas seperti menganalisa, membaca, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.
- Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah Pelamar yang menamatkan pendidikan SD,SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau berdasarkan garis keturunan orang tua (Bapak) asli Papua/Papua Barat.
- Umum adalah Pelamar yang tidak termasuk kategori sebagaimana dimaksud pada poin a, b dan c di atas.
- Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila, UUO 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Usia Pelamar pada tanggal 1 Oesember 2017 sebagai berikut :
- Berusia maksimum 32 tahun untuk pelamar formasi jenjang pendidikan S.2.
- Berusia maksimum 30 tahun untuk pelamar formasi jenjang pendidikan S.1/0.4
- Berusia maksimum 25 tahun untuk pelamar formasi jenjang pendidikan 0.3.
- Khusus bagi Pelamar yang telah aktif bekerja sebagai Pegawai Non PNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diatur sebagai berikut:
- Berusia tidak lebih dari 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2017 untuk pelamar jenjang pendidikan S.2/S.1/0.4.
- Berusia maksimum 30 tahun pada tanggal 1 Oesember untuk pelamar jenjang pendidikan 0.3.
- Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS).
- Sehat jasmani dan rohani
- Bebas obt terlarang dan Zat Adiktif lainnya dan tidak pernah terlibat tindak pidana terkait penyebaran obt terlarang dan Zat Adiktif lainnya (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas NAPZA dari Rumah SakitiDokter Pemerintah setempat yang masih berlaku pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Se/eksi Pengadaan CPNS).
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
- Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
- Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain.
- Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan ketentuan sebagai berikut :
- Memiliki Ijazah :
- Pasca Sarjana (S.2) dengan latar belakang kualifikasi pendidikan Sarjana (S.1)1 Diploma Empat (D.4) bidang teknik yang memiliki kaitan dengan bidang pendidikan Pasca Sarjana (S.2), dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal peringkat B untuk Program Studi pada saat lulus, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
- Berijazah Sarjana (S.1), Diploma Empat (D.4), atau Diploma Tiga (D.3) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal peringkat B untuk Program Studi pada saat luius, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
- Bagi lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
- Khusus bagi Pelamar alokasi formasi Cum laude berlaku ketentuan akreditasi sesuai ketentuan pada butir 1.1.a.
- Apabila akreditasi pada saat lulus tidak tercantum dalam ijazah atau transkrip nilai dan juga tidak terdapat dalam direktori hasil akreditasi Perguruan Tinggi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada website https:llbanpt.or id maka dibuktikan dengan surat keterangan akreditasi yang serendah-rendahnya ditandatangani oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atau Pejabat lainnya yang dipersamakan (Oisampaikan pada saat Pelamar mengikuti Se/eksi Kompetensi Bidang).
- Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
- Minimal 3,25 pada skala 4,0 untuk Pelamar lulusan Pasca Sarjana (S.2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat lulus Sarjana (S.1) IDiploma Empat (0.4) sesuai ketentuan persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk lulusan Sarjana (S.1)/Diploma Empat (0.4).
- Minimal 2,75 pada skala 4,0 untuk Pelamar lulusan Sarjana (S.1)/Diploma Empat (D.4)/Oiploma Tiga (D.3).
- Khusus bagi Pel mar alokasi formasi Cum laude berlaku ketentuan lulus dari Perguruan Tinggi dengan predikat Cumlaude yang dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah atau transkrip nilai.
- Pada saat mendafiar, seluruh pelamar wajib telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi (5urat Keterangan Lulus tidak berlaku).
- Memiliki kemampuan/menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang sekurang-kurangnya masih berlaku sampai dengan bulan 5eptember 2017, dengan ketentuan hasil tes yang diakui/diperbolehkan untuk dilampirkan sebagai berikut :
- TOEFLITOEFL Prediction dari UPT Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara, Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri/UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Bahasa milik Instansi Pemerintah Lainnya dengan nilai minimal 500 bagi Pelamar 5.2; 450 bagi Pelamar 5.1/0.4; dan 425 bagi Pelamar 0.3, atau
- TOEFL®IBT (Internet-Based TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian
- International Education Foundation (liEF) dengan nilai minimal 65 bagi Pelamar 5.2; 53 bagi Pelamar S.1/0.4; dan 41 bagi Pelamar d.3, atau
- IELTS dengan nilai minimal 6 bagi Pelamar 5.2; 5 bagi Pelamar 5.1/0.4; dan 4 bagi Pelamar d.3.
- Mampu mengoperasikan komputer minimal program office dan internet (browsing dan surat elektronik).
- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah SakitiDokter Pemerintah setempat yang masih berlaku pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Se/eksi Pengadaan CPNS).
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- bersedia menjalani ikatan dinas selama 5 tahun terhitung mulai tanggal pengangkatan sebagai CPNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
- Khusus bagi Pelamar Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat wajib membuktikan dengan :
- Salinan ijazah SD,SMP/SLTP, dan SMU/SLTA yang berlokasi di wilayah Papua dan Papua Barat, atau
- Salinan Akta Kelahiran, KTP Sapak dan Surat Keterangan Asli dari Kelurahan/Kepala Desa yang menyatakan Pelamar memiliki garis keturunan orang tua (Bapak) asli Papua/Papua Sarat (Surat Keterangan Hubungan Keluarga).
- Khusus bagi Pelamar yang telah aktif bekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai Pegawai Non PNS sampai dengan saat ini dibuktikan dengan salinan Surat Keputusan Pengangkatan/Surat Perjanjian Kerja sebagai Non PNS Tahun 2017 yang telah dilegalisasi oleh atasan langsungnya.
Bagi
anda yang tertarik dan memenuhi kualifikasi dengan Penerimaan Staf Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia diatas, silahkan segera kirimkan
aplikasi lamaran dan CV serta kelengkapan berkas terbaru lainnya
lengkap melalui alamat berikut :
TATA CARA
PENDAFTARAN :
- Pendaftaran/Registrasi dilaksanakan secara online.
- Pada saat melakukan pendaftaran online, pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) lowongan jabatan pada 1 (satu) kategori formasi.
- Pelamar harap membaca dan mengikuti ketentuan pendaftaran online dengan baik dan teliti serta menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengisi formulir pendaftaran online.
- Pelamar melakukan registrasi pada portal nasional Pengadaan PNS dengan alamat website https://sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan kode akses pendaftaran.
- Dalam melakukan pendaftaran pada portal nasional, Pelamar menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NKK), Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kepala Keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) serta alamat email yang aktif.
- Setelah mencetak kartu informasi akun SSCN 2017, pelamar melakukan login ke portal SSCN denganIK dan Password yang telah didaftarkan. Dalam portal SSCN, pelamar melengkapi biodata dan memilih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pilihan instansi.
- Pelamar melakukan pendaftaran pada portal Pengadaan PNS Kementerian PUPR dengan alamat website https://cpns.pu.go.id.
- Pelarnar wajib rnengisi formulirpendaftaranonline dan rnengunggah(upload) dokumen pendukung berupa data digital dengan format jpg/jpeg, ukuran maks. 70 Kb untuk Pas foto berwarna dan hasil scan dengan format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb untuk :
- Ijazah asli sesuai jenjang pendidikan yang dipersyaratkan dalarn forrnasi jabatan yang dilarnar. Khusus bagi Pelarnar forrnasi S.2 perlu dilengkapiIjazah asli jenjang Sarjana (S.1 )/diplorna Empat (d.4).
- transkrip nilai asli sesuai ijazah pada poin a di atas. Khusus bagi Pelarnar forrnasi S.2 perlu dilengkapi transkrip nilai asli jenjang Sarjana (S.1 )lDiploma Empat (d.4).
- Sertifikat tes kernarnpuan Bahasa Inggris Asli sesuai butir 11.10.
- Kartu Tanda Penduduk Asli,
- Kartu Keluarga Asli.
- Surat Pernyataan Asli yang telah ditandatangani di atas rnaterai sebagaimana larnpiran-1 (Surat Pernyataan Asli akan diminta o/eh Panitia Se/eksi pada saat Pelamar mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)).
- Bagi Pelamar formasi Putra/Putri Papua dan Papua 8arat, mengunggah (upload) hasil scan dokumen lainnya, yaitu :
- Ijazah asli SD,SMP/SLTP, dan SMU/SLTA, atau
- Akta Kelahiran Kelahiran Asli, dan
- Kartu Tanda Penduduk Asli Bapak, dan
- Surat Keterangan Asli dari Lurah/Kepala Oesa yang rnenyatakan memiliki garis keturunan orang tua (Bapak) asli Papua/Papua Barat.
- Bagi Pegawai Non PNS, mengunggah (upload) hasil scan dokumen lainnya, yaitu Surat Keputusan/SuratPerjanjian Kerja tahun 2017 yang telah dilegalisasi oleh atasan langsungnya.
- Apabila terdapat data ganda peserta, rnaka akan digunakan data yang terakhir.
Catatan
:
*
Hanya kandidat dengan kualifikasi terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti
tahapan tes berikutnya.
Jadi persiapkan diri anda untuk menjadi yang terpilih dan
semoga berhasil...